Jenis Bogie

Jenis bogie KA Penumpang

 

a.         Bogie kereta penumpang

            Jenis atau tipe bogie yang digunakan pada kereta penumpang paling banyak, mengingat diproduksi oleh berbagai pabrik diberbagai negara dan sampai sekarang masih terdapat kereta yang berumur lebih dari 50 tahun. Setiap jenis bogie mempunyai nama yang berupa nama pabrik, nama asal negara pembuat atau seri suatu bogie, namun di PT Kereta Api (Persero) memberikan nama berdasarkan bentuk dan ciri kotsk gandar agar lebih mudah dikenal secara visual yaitu: K2, K3, K4, dan seterusnya.

 

  1. Bogie Pennsylvania (K2)

Populasi bogie Pennsylvania/USA sudah hampir punah, pernah digunakan pada kereta kelas 3 lokal(K3)dan kereta bagasi (B) yang dibuat sekitar tahun 1954. Bogie ini merupakan satu-satunya jenis bogie yang menggunakan batang penghubung antara periuk gandar yang satu dengan yag lainnya. Pegas primer menggunakan pegas ulir sedangkan pegas sekunder menggunakan pegas daun, tanpa dilengkapi peredam kejut.

 

  1. Bogie Cradle (K3)

Bogie jenis cradle juga sudah hampir punah, masih ada pada kereta ukur DINW-1 atau U-25301 buatan tahun 1925 yang telah mengalami modifikasi dari plain bearing menjadi roller bearing, dan sekarang berada di Balai Yasa Manggrai. Ada satu lagi kereta inspeksi divre 1 Sumatera Utara yang menggunakan bogie Cardle. Pegas primer menggunakan pegas daung yang dikombinasikan dengan pegas ulir, sedangkan pegas sekunder menggunakan pegas daun tanpa dilengkapi peredam kejut.

 

  1. Bogie SIG atau NT.504(K4)

Bogie jenis ini digunakan pada penumpang kelas 3 (K3) dan populasinya tinggal sedikit, yaitu pada kereta buatan 1963/1964. Pegas primer pada bogie ini adalah pegas ulir yang dilengkapi peredam kejut yang berfungsi juga sebagai pengarah gandar, sedangkan pegas sekunder menggunakan pegas torsi tanpa peredam kejut.

 

  1. Bogie NT 11 (K5)

Bogie NT 11 adalah bogie dengan populasi terbanyak di Indonesia, dan digunakan pada kereta eksekutif, bisnis dan ekonomi. Bogie ini mengunakan pegas ulir sebagai primer maupun sekunder, yang dilengkapi dengan peredam kejut arah vertikal pada pemegasan sekunder. Kereta-kereta yang menggunakan bogie NT 11 diproduksi oleh berbagai pabrik Yugoslavia, Hongaria, Jepang, PT. INKA (Indonesia). Selama ini dinilai bahwa bogie NT 11 merupakan jenis bogie yang paling sesuai dengan kondisi jalan rel di Indonesia. Kereta-kereta baru dari PT INKA seperti Gajayana, Harina, Argo Gede, dan kereta kelas 3 mengggunakan bogie K5 yang sepenuhnya dirancang dan dibat PT INKA yaitu TB 398 ( Triler Bogie desain K3 tahun 1998).

 

  1. Bogie Ferrostahl (K6)

Bogie Ferrostahl digunakan pada kereta kelas 3 dan kereta makan kelas 3 (KM 3) dengan populasi tinggal sedikit, dibuat pada 1965/1966 di Jerman.  Pegas primer pada bogie ini menggunakan pegas ulir dan pegas sekunder adalah pegas daun tanpa dilengkapi peredam kejut.

 

  1. Bogie Gorlitz (K7)

Bogie Gorlitz digunakan pada kereta eksekutif, bisnis, maupun ekonomi dengan populasinya yang tidak begitu banyak. Pegas primer aupun sekunder menggunakan pegas ulir dan dilengkapi dengan peredam kejut arah vertikal dan lateral. Bogie Gorlitz merupakan bogie yang tidak mengunakan pelat gesek sebagai pengarah periuk gandar.

 

  1. Bogie NT 60 (K8)

Bogie NT 60 adalah bogie generasi baru yang dibuat PT INKA untuk kereta kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Pegas primer menggunakan pegas karet (connical rubber bonded) dan pegas sekunder menggunakan pegas ulir yang dilengkapi peredam kejut. Bogie NT 60 merupakan bogie pertama, tanpa menggunakan pelat gesek pada pengarah gandar maupun batang ayun.

 

  1. Bogie Bolsterless (K9)

Bogie Bolsterless adalah bogie generasi terbaru pada kereta penumpang yang dibuat pada tahun 1997 untuk kelas eksekutif Kereta pada KA Argo Bromo Anggrek, Argo Muria, dan Argo Sindoro. Pada bogie ini digunakan pegas karet konus sebai primer dan pegas udara (Air Spring) sebagai pegas sekunder dilengkap dengan peredam kejut dan andi roll device.

 

Pada kereta penumpang jenis bogie akan tampak pada nomor seri yang tertulis di dinding. Demikian juga kereta makan, pembangkit, dan bagasi.

 

Contoh:

K1 84505 artinya kereta kelas 1, dibuat tahun 1984, menggunakan bogie K5/NT 11 dengan nomor urut 5.

 

Bogie K4

 

 

 

 

 

              

 

 

Bogie K5                                                                     Bogie K6

 

 

 

Bogie K7                                                                     Bogie K8

 

 

 

            

Bogie K9                                                                                 Bogie KRL-I                                                                                                                          

 

 

Bogie KRL Rheostatik

 

About purwojaya

I Love Train
This entry was posted in Train. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s